6 Tips Rumah Tetap Aman saat Mudik, Liburan Jadi Nyaman - Kmpublisher.my.id

6 Tips Rumah Tetap Aman saat Mudik, Liburan Jadi Nyaman

6 Tips Rumah Tetap Aman saat Mudik, Liburan Jadi Nyaman

Menjelang hari kemenangan yaitu Hari Raya Idulfitri atau lebaran datang, salah satu momen yang Ditunggu-Tunggu yakni momen mudik Lebaran atau pulang kampung yang sudah menjadi tradisi yang melekat di tanah air.

Juga pasti sudah terbayang keseruan dan saat berkumpul bersama keluarga serta saudara saat pulang kampung setelah lama tak bertemu Gara-Gara merantau. Pastinya saat mudik, kamu meninggalkan rumah dalam waktu cukupan lama, dan malah ada Kejadian tak terduga atau bahkan rumahmu malah jadi incaran orang-orang jahat.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Nah, Supaya mudikmu makin nyaman, rumah tetap aman, dan terhindar dari Resiko buruk, sebelum meninggalkan rumah ada baiknya mengerti dulu pedoman meninggalkan rumah saat mudik seperti berikut ini. apa saja?

1. Lapor RT, RW, tetangga, atau satpam

Sebelum berangkat mudik, lapor dulu keberangkatanmu ke RT, RW, tetangga, hansip atau satpam. Beritahukan mereka kapan kamu berangkat dan pulang ke rumah.

Karena mereka Dapat membantu Menjaga dan menjaga rumahmu Agar Dapat tetap dalam Suasana aman. Ini berguna agar mereka mengerti Keadaan rumah sedang berpenghuni atau tidak, juga Mampu segera melaporkan ke kamu jika ada hal-hal penting seperti ada tamu, paket, atau hal mencurigakan yang terbentuk di rumah saat kamu mudik.

Setelah Balik Lagi dari mudik, kamu Dapat membelikan makanan dan oleh-oleh Untuk mereka adalah tanda terima beri.

2. Simpan barang berharga dengan Baik di Lokasi aman

Saat mudik, kamu juga pasti juga meninggalkan barang-barang berharga dalam Jangka yang lama. untuk itu, kamu Memerlukan menyimpannya dengan Baik. Usahakan jangan menyimpannya di satu Tempat yang Bersamaan, lebih Baik dipisah.

Barang-barang seperti perhiasan dan surat berharga Sanggup disimpan di brankas. Jika tidak memiliki Bisa menyimpannya di tas atau lemari Tersendiri dan kemudian dikunci rapat.

Jika meninggalkan kendaraan, simpan di garasi dengan Bagus dan dikunci ganda. juga dapat memberi tambahan motor dan sepeda ke dalam rumah Biar lebih aman Satu Kali Lagi.

3. Tentukan rumah terkunci

Bagus itu pintu, pagar, jendela, putuskan Semua Hal terkunci rapat saat kamu berangkat mudik. Jika Perlu, kamu Sanggup Memakai pengaman dan kunci gembok tambahan Buat sejumlah besar pintu Agar lebih aman.

Selain itu, menjauhi meninggalkan kunci-kunci penting seperti kunci motor, mobil, lemari, atau brankas saat kamu meninggalkan rumah dalam Periode lama.

Lebih Apik dibawa saja dan dimasukkan ke satu Lokasi Khusus kunci-kunci penting. menjauhkan juga Bagi meletakkan kunci cadangan di bawah keset, pot, atau Tempat lain yang Mudah ditebak dan dijangkau oleh pencuri.

4. Memasang CCTV di rumah

Jika kamu memiliki bujet lebih, lebih aman jika kamu memasang kamera CCTV di beberapa sudut rumah, seperti situs, garasi, kamar, atau ruang tamu. Coba Menggunakan CCTV yang Sanggup kamu akses lewat perangkat seluler. malah selama di kampung situs kamu tetap Bisa memantau Situasi rumahmu.

5. Matikan seluruh aliran listrik, air, dan gas

akan sangat penting Bagi Menetapkan aliran listrik dalam Keadaan padam. pastikan Bagi mematikan semua saklar dan melepas semua kabel dari peralatan elektronik dari stop kontak. sasarannya Bagi Menahan potensi kebakaran Dampak arus pendek listrik.

Tabung gas juga menjadi hal Yang Layak vital saat rumah dalam Situasi kosong. tentukan kamu melepas regulator dari tabung gas. Setelah regulator dilepas, putuskan tidak ada kebocoran gas.

Selain itu, kamu juga Butuh Menetapkan semua saluran air dan keran dalam Kondisi mati. targetnya Supaya Dapat tidak membuang air dengan sia-sia dan Mampu Cetak tagihanmu membengkak.

6. “Hidupkan” rumah agar tampaknya berpenghuni

Jangan sampai rumahmu kelihatannya sepi tanpa penghuni. jauhi Memunculkan perhatian kelompok pencuri dan warga-warga tidak bertanggung jawab.

Kamu Bisa Membuat rumahmu malahan lebih “hidup” dengan tetaplah Mencetak suasana rumah seperti saat kamu ada di rumah. Seperti menghidupkan lampu rumah dan meletakkan sebagian besar sandal dan sepatu di depan pintu rumah Buat berikan seolah-olah ada warga di di rumah.

Selain itu, Supaya tidak Tampak rumahmu kosong Karena di siang hari lampu Masih menyala, kamu Sanggup Memakai lampu smart LED dengan sensor cahaya, yang Dapat menyala otomatis Pada Malam dan mati pada pagi hari.

Baca juga: 5 Gambar Wisata Religi Masjid Ikonik di Indonesia

Sudah Mengenal kan, pedoman meninggalkan rumah saat mudik dengan aman dan nyaman? Dengan sejumlah besar tips di atas, kamu akan pulang kampung dengan tenang dan nyaman. Selamat mudik lebaran, dan Waspada di jalan.