5 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan - Kmpublisher.my.id

5 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

5 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Tips Jaga Kesehatan di Bulan Ramadan - Selama sebulan penuh, umat Islam di bulan Ramadhan ditempa fisik melalui ritual puasa. Tubuh juga melakukan penyesuaian dan adaptasi yang sepertinya membuat tubuh kurang fit dan mempengaruhi aktivitas.

Padahal, puasa itu menyehatkan dan tidak membuat tubuh lemas. Untuk itu, menjaga kesehatan di bulan Ramadhan sangatlah penting.

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan di bulan Ramadhan agar tubuh tetap sehat dan fit selama berpuasa, yuk simak!

1. Tetap Rutin Berolahraga

Jangan sampai puasa membuat Anda malas dan mengurangi intensitas olahraga. Pertahankan rutinitas yang baik, entah itu berolahraga, atau aktivitas positif lainnya.

Jika biasanya Anda menghabiskan waktu satu jam untuk berolahraga, Anda bisa menguranginya menjadi 15-30 menit. Anda bisa berolahraga di sore hari sebelum berbuka (ngabuburit) atau di malam hari setelah sholat tarawih.

2. Konsumsi makanan sehat dan bergiz

Tidak hanya di bulan puasa saja. Mengkonsumsi makanan yang bergizi juga sangat penting bagi tubuh dalam segala kondisi agar tetap fit.

Pastikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka puasa memiliki gizi seimbang, seperti karbohidrat, protein dan serat agar tubuh tetap kuat selama berpuasa.

Kurangi makanan berlemak seperti gorengan dan sebagainya karena dapat memicu peningkatan kolesterol berlebih dalam tubuh.

3. Konsumsi vitamin dan suplemen tambahan

Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seimbangkan dengan asupan multivitamin dan suplemen tambahan agar tetap fit dan sehat selama berpuasa.

Pasalnya, orang yang berpuasa cenderung mengalami kekurangan nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti kalsium, zat besi, dan vitamin penting lainnya.

4. Istirahat yang cukup

Rasa ngantuk dan lemas yang terjadi saat berpuasa bukan karena tidak makan dan minum, melainkan karena kurang istirahat dan tidur.

Memang, selama bulan puasa, ritme waktu sedikit berubah karena Anda harus bangun lebih awal untuk sahur.

Jika Anda suka tidur larut malam dan begadang, ini menjadi sangat berat dan mempengaruhi puasa Anda sepanjang hari dari pagi hingga matahari terbenam. Jadi, cobalah untuk tidur lebih awal.

5. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik

Pemenuhan kebutuhan cairan tubuh sangat penting agar puasa Anda berjalan lancar. Karena, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Untuk itu, perhatikan asupan cairan tubuh saat sahur dan buka puasa.

Jika memungkinkan, jangan konsumsi minuman diuretik seperti teh dan kopi saat sahur, karena memicu buang air kecil melalui proses pengeluaran garam. Alih-alih diserap, ia keluar lagi dan menjadi haus.

Saat sahur, Anda tidak perlu minum terlalu banyak, percuma karena Anda akan merasa lebih baik. Ada beberapa tips agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi selama bulan puasa, seperti:

- Minum setelah bangun tidur

- Sebelum makan sahur

- Setelah makan sahur

- Ketika berbuka puasa

- Sebelum makan saat berbuka

- Setelah makan

- Setelah salat isya dan tarawih

- Satu jam sebelum tidur


Lakukan cara ini berulang kali selama bulan Ramadhan, kebutuhan cairan tubuh akan terpenuhi dan puasa pun menjadi lebih semangat.

Jangan sampai puasa menjadi alasan untuk tidak aktif dan merasa tidak fit. Sebab, melakukan ibadah seharusnya membuat Anda lebih sehat secara rohani dan jasmani. Semangat puasa!

Baca juga: Manfaat Istirahat Yang Cukup untuk Kesehatan Tubuh


TAG:
cara menjaga kesehatan tubuh, Menjaga Kesehatan saat puasa, Tips menjaga kesehatan saat puasa, Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa, bulan puasa ramadan, puasa ramadan 2022, Puasa Ramadan, Kesehatan, unlisted, Jangan Lewatkan