Ucapan "Selamat Pagi" Bahasa Sunda dan Contohnya - Kmpublisher.my.id

Ucapan "Selamat Pagi" Bahasa Sunda dan Contohnya

Ucapan "Selamat Pagi" Bahasa Sunda dan Contohnya

Kmpublisher.my.id, berbagai cara untuk mengucapkan kata "Selamat Pagi". Baik dengan Pantun atau langsung mengucapkannya, biasa pengucapan kata Selamat pagi di barengi dengan ucapan Selamat beraktifitas.

Ucapan Selamat pagi dan Selamat beraktifitas, dapat sobat ucapkan kepada seseorang yang sobat sayang dan sobat kenal.

Berikut contoh Ucapan Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Sore, Selamat Malam dan selamat beraktifitas dalam Bahasa Sunda dan artinya.

Wilujeng énjing

Ucapan "Selamat Pagi". dalam Bahasa sunda adalah: "Wilujeng énjing". Kata ini merupakan termasuk tingkatan basa sunda yang halus/lemes. Bisa juga masuk kedalam kata loma tapi tidak termasuk kata basa sunda kasar.

Contoh nya: Wilujeng énjing bapa atau Wilujeng énjing sadayana (selamat pagi pak, Selamat pagi semuanya).

Wilujeng siang

Ucapan "Selamat Siang". Dalam bahasa sunda adalah: "Wilujeng siang". Bahasa sunda yang sopan dan halus. sedangkan kata "Siang" bahasa sunda nya adalah: "bèurang". tapi kata ini tergolong bahasa loma kasar, Contoh nya "Geus bèurang". (Udah siang).

Contoh nya adalah: Wilujeng siang bapa atau Wilujeng siang sadayana (selamat siang pak, Selamat Siang semuanya).

Wilujeng sonten

Ucapan "Selamat Sore". bahasa sunda adalah: Wilujeng sonten, kata ini tergolong bahasa yang lemes dan sopan, kata "Sonten". Memiliki basa sunda kasar yaitu: "burit". Tapi lebih sering dan lebih nyaman dengan kata "Wilujeng sonten".

Contoh nya adalah: Wilujeng sonten ibu atau Wilujeng sonten sadayana (selamat sore ibu, Selamat Sore semuanya).

Wilujeng wengi

Ucapan "Selamat Malam". Bahasa sunda adalah: Wilujeng wengi, tergolong bahasa sunda lemes, Kata "wengi" juga memiliki bahasa kasar yaitu peuting, tapi lebih nyaman dengan Wilujeng wengi.

Contoh nya adalah: Wilujeng wengi sayang atau Wilujeng wengi sadayana (selamat malam sayang, Selamat malam semuanya).

Wilujeng beraktifitas

Ucapan "Selamat beraktifitas". Bahasa sunda adalah: Wilujeng beraktifitas, bahasa sunda nya beraktifitas yaitu: gaduh kagiatan (Memiliki pekerjaan). 

Contoh nya: Wilujeng beraktifitas pak aris atau Wilujeng beraktifitas sadayana (selamat beraktifitas pak aris, Selamat beraktifitas semuanya).

Tatar basa

Bahasa sunda: "Wilujeng"(selamat).
Bahasa sunda: "énjing"(pagi) basa kasar "Isuk".
Bahasa sunda: "Siang"(siang) basa kasar "Bèurang".
Bahasa sunda: "Sonten"(sore) basa kasar burit.
Bahasa sunda: "Wengi" (malam) basa kasar isuk.
Bahasa sunda: "Gaduh kagiatan" (Memiliki pekerjaan)/beraktifitas.

Baca juga: Bahasa Sunda "Aku Cinta Kamu" Adalah, Kalimat Basa Hormat dan Basa Loma bahasa kasar

Patut kita pahami bahwa setiap bahasa yang ada di daerahnya masing masing itu sangatlah berbeda. ini hanya contoh kecil saja dari kekayaan bahasa yang dimiliki oleh indonesia, dan salah satunya bahasa sunda yang memiliki beragam bahasa dan arti yang sama sehingga bahasa sunda disebut dengan bahasa yang unik juga kaya.

Demikian Contoh Ucapan Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Sore, Selamat Malam dan selamat beraktifitas dalam Bahasa Sunda dan artinya. Semoga dapat bermanfaat hatur nuhun.