Bahasa Sunda "Lupa", Tidak tau dan Kalimat Kamu Udah Lupa ya - Kmpublisher.my.id

Bahasa Sunda "Lupa", Tidak tau dan Kalimat Kamu Udah Lupa ya

Bahasa Sunda nya "Lupa", Tidak tau dan Kalimat Kamu Udah Lupa ya


Apa Bahasa sunda nya lupa dan tidak tau? Bahasa sunda nya adalah: (poho, hilap dan teu ingeut), ini merupakan arti dari kata "lupa". Mungkin ada beberapa lagi kata yang berbeda, tetapi yang sering digunakan oleh masyarakat umum yaitu kata poho, hilap, dan teu ingeut.

Kalimat kata poho merupakan: bahasa sunda kasar atau bahasa sunda loma, hilap merupakan bahasa sunda yang ramah atau bahasa sunda yang harus dan nyaman di dengar.

Sedangkan kalimat teu ingeut memiliki arti yang berbeda tetapi tujuan nya tetap sama yaitu lupa, kalimat ini digunakan ketika seseorang bener terdesak atau bener-bener tidak mengetahui.

Apa artinya Teu ingeut / henteu ingeut? Kalimat ini memiliki arti: tidak tau / tidak mengetahui sama sekali.

Tatar Bahasa Sunda

  • Poho : (Lupa) bahasa loma
  • hilap : (Lupa) bahasa sunda Ramah /Halus
  • Teu ingeut : (Tidak Tau) Bahasa sunda kasar
  • Duka atuh : (Tidak mengetahui) bahasa sunda Ramah /Halus

Contoh Nya

Teuing atuh da urang mah poho dei nuna'na dimana (gha tau sayah mah udah lupa naronya dimana)
Pak abdi hilap, (pak aku lupa)
Teuing atuh urang mah beneur- beneur Teu ingeut kajadian na kumaha (gha tau saya mah benar-benar tidak tahu kajadian na kumaha).

Kalimat basa "kamu udah lupa ya".

Arti kalimat "kamu udah lupa ya" dalam bahasa sunda
Apa arti kalimat "kamu udah lupa ya" dalam bahasa sunda? Dalam bahasa sunda kalimat ini menunjukkan seseorang yang sudah melupakan teman nya sendiri atau ucapan nya sendiri, mungkin juga melupakan kebaikan orang lain.

Sedangkan Arti dari kalimat "kamu udah lupa ya" Adalah: Maneh enggeus poho lin, kalimat ini merupakan kalimat bahasa loma (akrab / kasar). Bahasa Lemes nya adalah; Anjeun atos / tos hilap nyah.

Demikian Bahasa sunda nya lupa, tidak tau dan kalimat kamu udah lupa ya, semoga dapat bermanfaat terimakasih.

Baca juga: Ucapan "Selamat Pagi" Bahasa Sunda dan Contohnya

Patut kita pahami bahwa setiap bahasa yang ada di daerahnya masing masing itu sangatlah berbeda. ini hanya contoh kecil saja dari kekayaan bahasa yang dimiliki oleh indonesia, dan salah satunya bahasa sunda yang memiliki beragam bahasa dan arti yang sama sehingga bahasa sunda disebut dengan bahasa yang unik juga kaya.