Resep Kue Putu Mayang Enak Dan Manis - Kmpublisher.my.id

Resep Kue Putu Mayang Enak Dan Manis

resep Kue putu mayang enak dan manis.

Kue putu mayang merupakan salah satu jajanan tradisional asli dari indonesia yang berasal dari daerah betawi. Kue putu mayang memiliki ciri bentuk seperti gulungan mie. Kue ini merupakan salah satu jenis kue basah yang terbuat dari olahan tepung beras.
Resep Kue Putu Mayang Enak Dan Manis
Untuk tampilan kue putu mayang sangat bervareasi terkadang dibuat berwarna-warni, oleh karena itu kue putu mayang semakin terlihat menarik dan menggugah selera. Biasanya kue putu mayang disajikan dengan siraman kuah atau saus diatasnya sehingga begitu manis saat disantapnya enak dan legit.

Nah bagi anda penggemar kue putu mayang. Anda bisa membelinya, karena banyak sekali pedagang kue yang menjual kue yang satu ini, namun jika anda ingin menghemat uang anda tidak ada salahnya untuk membuat nya dirumah.

Kue putu mayang sangat cocok dihidangkan saat berkumpul bersama-sama keluarga, selain itu cara membuatnya juga sangat mudah dan sederhana dan cocok apabila anda lagi kedatangan keluarga anda. berikut ini resep dan cara membuat kue putu mayang bisa anda simak.

Bahan Bahan Membuat Kue Putu Mayang

100 gram tepung sagu Daun pisang Bahan Saus Kue Putu Mayang
300 gram tepung beras
11/2 sendok makan gula pasir
500 ml santan yang diambil dari 1/4 butir kelapa
525 ml santan yang diambil dari
100 gram gula merah
1 sendok teh garam
5 tetes pewarna hijau muda
4 tetes pewarna merah cabai
1 butir kelapa
1 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam
75 gram nangka
1/2 sendok makan maizena

Cara Membuat Kue Putu Mayang

1.langkah pertama anda harus membersihkan terlebih dahulu pandan yang sudah di siapkan. Lalu ikat sampul. Setelah itu ambil nangka, lalu potong-potong menjadi kotak kecil. Lalu larutkan tepung maizena dengan 1/2 sendok makan air.
Setelah itu siapkan alat untuk memasak. Lalu masukan tepung beras, garam, gula pasir dan santan ke dalam alat memasak tersebut.

Lalu masak semua bahan-bahan tersebut hingga menggumpal. Selanjutnya tambahkan tepung sagu sambil diuleni. Kalau sudah bagi adonan tersebut menjadi tiga bagian.
Dan satu bagian diberi pewarna makanan hijau, lalu diaduk sampai merata. Sedangkan satu bagian lagi diberi pewarna makanan merah cabai, dan aduk kembali hingga merata.
Untuk adonan yang terakhir dibiarkan saja berwarna putih.
Lalu selanjutnya masukkan adonan yang telah disiapkan kedalam cetakan kue putu mayang. Lalu letakkan diatas daun pisang yang sebelumnya sudah diolesi dengan daun pisang dengan minyak goreng. Dan siapkan alat untuk mengkukusnya
Selanjutnya kukus semua adonan sampai matang sekitaran 15 menit menggunakan api yang sedang. Jika sudah anda bisa langsung mengangkatnya.

Sekarang Membuat Saus Kue Putu Mayangnya.

Yang pertama masak santan dengan garam, daun pandan dan gula merah bahan tersebut dimasak bersama di aduk sampai mendidih. Lalu tambahkan potongan nangka dan larutan maizena yang sudah disiapkan. Aduk sampai nangkanya setengah layu.

Jika sudah setengah layu potongan nangkanya, sekarang angkat. Dan sajikan kue putu mayang yang sudah dibuat tadi dan jangan lupa bersama sausnya. Sekarang anda bisa menikmatinya langsung kue putu mayang buatan tangan anda sendiri. Nah itulah resep cara membuat kue putu mayang dan semoga bermanfaat selamat mencoba. Silahkan bagikan resep ini ke teman-teman atau saudara.