resep kue bugis jajanan khas pasar tradisional lezat - Kmpublisher.my.id

resep kue bugis jajanan khas pasar tradisional lezat

Kue bugis merupakan hidangan kue yang dibuat dari bahan dasar tepung ketan serta isian kelapa dan dicampur dengan gula merah. Rasa nikmat akan membawa sensasi yang berbeda dilidah anda.
Kue Bugis memiliki rasa manis dan legit. Ketika digigit, Anda akan merasakan kenikmatan yang meleleh dari kelapa dan gula merah yang sangat istimewa dan membuat hidangan ini sangat diminati.

resep kue bugis jajanan khas pasar tradisional lezat

Kue Bugis merupakan salah satu kue jajanan pasar tradisional. Yang telah ada sejak zaman kuno dan telah menjadi kue tradisional bagi masyarakat Indonesia. Bahkan kue ini menjadi kue yang cocok untuk acara pernikahan dan acara lainnya.
Nah bagi anda penggemar cemilan kue Bugis, tentu anda akan selalu ingat cemilan pasar tradisional yang sangat istimewa ini. Namun sayangnya, saat ini, hidangan kue Bugis sangat jarang tersaji.

Karena saat ini masyarakat lebih cendrerung memilih sesuatu yang lebih praktis. Termasuk dalam sajian kuliner makanan siap saji lebih banyak disukai masyarakat ketimbang mempersiapkan jajanan seperti kue-kue tradisional yang proses pembuatannya lebih rumit.
Ini juga membuat warisan kuliner lokal menjadi semakin pudar dan bukan tidak mungkin perlahan-lahan akan hilang terkikis di jamannya.

Untuk melestarikan kembali warisan kuliner dalam negri. Tidak ada salahnya untuk menyempatkan waktu dengan belajar membuat kue-kue tradisional dan kembali dihidangkan. Salah satunya belajar membuat kue bugis. nah kali ini kami akan memberikan resep membuat kue bugis.

Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat kue bugis

• 150 gram tepung ketan putih
• 50 gram kentang kukus, dihaluskan
• 15 gram gula tepung
• 125 ml santan dari 1/2 butir kelapa,
• 1/2 sendok teh minyak goreng
• 1/4 sendok teh garam dipanaskan,ukur 100 ml, biarkan sampai hangat

Lalu untuk bahan isian kue bugis

• 50 ml air1/8 sendok teh garam
• 100 gram kelapa parut kasar
• 50 gram gula merah
• sisir halus1 lembar daun pandan

Cara pembuatan kue bugis enak

1.Buat terlebih dahulu bahan isian kelapanya untuk kue bugis. Caranya, campurkan kesemua bahan isiannya lalu masak dalam panci kecil dan aduk sampai rata. Kemudian setelah rata lalu diamkan sampai dingin.

2.Buat bahan kulit kue bugis. Caranya campurkan ketan putih, gula tepung kentang dan garam kemudian aduk sampai merata bahan-bahan tersebut.

3.Selanjutnya tuangkan santan ke bahan-bahan yang dicampur tadi sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata, setelah itu tuangkan minyak goreng agar adonan kue bugis tidak menjadi lengket. Dan aduk hingga merata.

4.Lalu ambil bagian adonan sedikit lalu pipihkan kemuadian berikat isian kelapa di bagian tengahnya dari adonan yang dipipihkan tersebut. Lalu bentuk bulat setelah itu tempatkan pada daun pisang dan bungkus yang rapih.

5.Yang terakhir kukus dengan api yang sedang sampai matang kurang lebih selama 15 menit, buka sesekali 2 menit sekali sampai matang.

Itulah proses cara pembuatan kue bugis terimakasih semoga bermanfaat.