Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut - Kmpublisher.my.id

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut


Kesehatan gigi serta mulut mempunyai peranan yang besar buat kesehatan badan secara menyeluruh. Oleh sebab itu, penting untuk kita mengetahui cara merawat dan membersihkan gigi serta mulut kita.

Melindungi kesehatan gigi serta mulut yang baik bisa dicoba dengan menyikat gigi 2 kali satu hari serta menjaga pola hidup sehat dari berbagai makanan ataupun minuman yang Kamu konsumsi. Tidak hanya bisa melindungi kesehatan gigi serta gusi, Kerutinan yang baik ini pula bisa menghindari badan dari bermacam penyakit.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Rekomendasi klinik gigi keluarga terbaik yang bisa coba anda kunjungi.

Memilih sikat gigi yang tepat

Memilih sikat gigi yang tepat merupakan langkah awal menjaga kesehatan gigi serta mulut Anda. Memilih sikat gigi yang memiliki bulu lembut sehingga nyaman digunakan. Selain itu, pastikan bulu pada sikat gigi yang Anda pilih memiliki ujung yang kecil membulat. Jika sudah tiga bulan digunakan, Anda sebaiknya mengganti sikat gigi tersebut.

Tak hanya memperhatikan bentuk dari sikat gigi. Cara menyikat gigi juga menentukan kesehatan gigi dan mulut Anda. Anda disarankan untuk menggosok gigi dengan gerakan memutar dan tidak terlalu menekan gigi.

Selain itu, Anda juga disarankan meluangkan waktu selama 2 menit untuk menggosok gigi dan lidah secara keseluruhan atau bisa juga anda mengunjungi klinik gigi disekitar anda

Lakukan flossing

Flossing atau membersihkan gigi menggunakan benang gigi perlu dilakukan setiap sehari sekali. Flossing dilakukan untuk membersihkan kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Cara menggunakan benang gigi yaitu dengan melilitkan satu ujung benang di jari telunjuk tangan kanan dan satu ujung benang lainnya di jari telunjuk tangan kiri. Kemudian, jepit kedua ujung benang dengan jari telunjuk dan ibu jari. Biarkan benang tetap tegang dan bersihkan sela gigi satu per satu.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan obat kumur dengan air garam, misalnya garam bambu, untuk membersihkan gigi dan mulut.

Kurangi konsumsi minuman dan makanan manis

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi minuman dan makanan manis, seperti minuman berenergi, bersoda, biskuit, roti, dan kue. Hal ini karena minuman maupun makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gigi berlubang.

Hentikan kebiasaan merokok

Kandungan nikotin dan tar di dalam rokok dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Kerugian lain jika Anda merokok adalah gigi menjadi rapuh dan mudah patah, serta meningkatkan risiko terkena kanker mulut. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Periksakan diri ke dokter gigi secara teratur

Kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan di atas penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Meski demikian, Anda disarankan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi tiap enam bulan sekali. Hal ini untuk mendeteksi lebih awal jika ada masalah pada gigi, gusi, maupun rongga mulut.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, Anda juga perlu memenuhi asupan makanan bergizi, seperti buah dan sayuran, serta banyak minum air putih.

Jika Anda mengalami keluhan, seperti gusi berdarah, gusi turun atau gigi lepas dengan sendirinya, sakit saat mengunyah, serta bau mulut yang tidak kunjung membaik, segera konsultasikan kepada dokter atau mengunjungi klinik gigi terdekat agar dilakukan pemeriksaaan dan penanganan yang tepat.