15 Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan RI ke- 77 Bahasa Sunda dan Artinya - Kmpublisher.my.id

15 Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan RI ke- 77 Bahasa Sunda dan Artinya

15 Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan RI ke- 77 Bahasa Sunda dan Artinya


Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke- 77 menjadi salah satu momen yang begitu penting. Biasanya masyarakat akan saling mengirimi ucapan selamat hari kemerdekaan, baik secara langsung ataupun melalui media sosial.  

Salah satu makna membagikan ucapan selamat hari kemerdekaan kepada teman, keluarga atau kerabat adalah untuk menyebarkan semangat kemerdekaan, cinta tanah air dan harapan untuk menumbuhkan rasa nasionalis setiap harinya. Sehingga banyak orang yang tidak mau melewatkan kesempatan pada 17 Agustus 2022 mendatang untuk saling membagikan ucapan. 

Tidak perlu bingung mencari kata-kata, berikut ini kami berikan rekomendasi 15 ucapan selamat hari kemerdekaan RI ke- 77 bahasa sunda dan artinya.


Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan RI ke- 77 Bahasa Sunda dan Artinya

1. "Ngahurungkeun sumanget, ngalumpuhkeun kasieun, sareng mimitian ngaléngkah ka tujuan pikeun nyiptakeun kamerdékaan".

Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut, dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan.

2. "Masih aya satitik pangharepan, impian anu ku urang jaga. Masih aya tujuan anu urang tiasa bagikeun. Kamerdékaan lain saukur ritual, tapi tempat ngawangun bangsa".

Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa.

3. "Perjuangan kuring leuwih gampang sabab ngusir penjajah, perjuangan maneh leuwih hese sabab ngalawan bangsa sorangan. Panjang Umur Republik Indonésia!".

Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu lebih susah karena melawan bangsamu sendiri. Dirgahayu Republik Indonesia!.

4. "Bangsa nu teu percaya kana kakuatan sorangan salaku bangsa teu bisa nangtung salaku bangsa nu mandiri".

Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.

5. "Sarébu kolot ngan bisa ngimpi. Hiji lalaki ngora bisa ngarobah dunya. Mandiri".

Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Merdeka.

6. "Kamerdékaan téh lain tanda eureun perang, tapi tanda pikeun leuwih getol. Wilujeng milangkala nu ka 77 taun ka wargi indonesia".

Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras. Selamat ulang tahun ke-77 untuk rakyat Indonesia.

7. "Sora teu bisa dibui, di dinya tinggal kamerdikaan. Upami anjeun keukeuh cicingeun, kuring nyiapkeun pemberontakan anjeun".

Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan.

8. "Kamerdékaan ngalawan penjajah mémang geus réngsé, tapi perjuangan ngalawan indifferent ti diri masih terus. Rayakeun Indonesia abdi".

Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketidakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut. Dirgahayu Indonesiaku.

9. "Indonesia lain ngan saukur ngaran. Aya kenangan, cinta, tatu, aya tempat pikeun petualangan sareng bumi. Aya anjeun sareng kuring nyobian ningkatkeun, ku cara urang anu sederhana sareng teu bosen. Bagja, Indonesia abdi!".

Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!.

10. "Kamerdékaan nasional téh lain préstasi ahir, tapi rahayat bébas gawé téh mangrupa préstasi pamungkas. Wilujeng Milad Kamerdikaan Indonésia anu ka-77".

Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI ke-77.

11. "Ngahargaan hasil perjuangan jalma-jalma sateuacan urang pikeun masa depan anak-incu urang. Wilujeng dinten kamerdikaan Indonésia".

Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita. Selamat hari kemerdekaan Indonesia.

12. "Agustus 17 teu ngan lomba karung atawa kontes dahar. Leuwih ti éta, 17 Agustus téh pikeun miéling jasa para pahlawan jeung ngabina persatuan nasional. Panjang Umur Republik Indonésia".

17 Agustus bukan sekadar balap karung atau lomba makan saja. Lebih dari itu, 17 Agustus adalah mengenang jasa pahlawan dan memupuk persatuan bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia.

13. "Bangsa nu teu percaya kana kakuatan sorangan salaku bangsa teu bisa nangtung salaku bangsa nu merdika. Panjang Umur Republik Indonésia".

Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. Dirgahayu Republik Indonesia.

14. "Kamerdékaan ngalawan penjajah mémang geus réngsé, tapi perjuangan ngalawan teu maliré ti diri masih terus. Rayakeun Indonesia abdi".

Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut. Dirgahayu Indonesiaku.

15. "Kamerdékaan nasional lain préstasi ahir, tapi rahayat bébas gawé téh mangrupa préstasi pamungkas. Wilujeng Poé Républik".

Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI.

Demikian 15 ucapan selamat hari kemerdekaan RI ke- 77 bahasa sunda dan artinya semoga dapat bermanfaat terimakasih.