Arti Kumaha Damang dan Jawabannya dalam Kamus Bahasa Sunda - Kmpublisher.my.id

Arti Kumaha Damang dan Jawabannya dalam Kamus Bahasa Sunda

Arti Kumaha Damang


Kmpublisher.my.id - Haturan kumaha damang? Merupakan pertanyaan bahasa Sunda yang mungkin sering kita dengar pada awal percakapan.

Kumaha damang termasuk bahasa Sunda yang lemes (sopan), sedangkan persamaan nya adalah kumaha cageur? Kata tersebut tergolong bahasa loma (akrab / dekat). Bahasa lemes nya merupakan "kumaha sehat".

Arti "kumaha damang"

Kecap ini bukan suatu ungkapan / babasan tetapi adalah frasa. Artinya sesuai dengan terjemahan menurut kamus basa Sunda. Ungkapan atau babasan merupakan pakeman basa serta memiliki arti injeuman.

Baca juga: 52 Translate Bahasa Sunda Sopan, Halus, dan Contohnya

"Kumaha" adalah kata tanya yang artinya bagaimana. Kecap kata kumaha tidak mempunyai tingkatan kasar, loma, atau halus. Kecap kata Kumaha digunakan untuk menanyakan cara atau keadaan.

Sedangkan kecap kata "Damang" artinya adalah Sehat yang termasuk kata sifat (adjective). Kecap kata damang tergolong kata halus atau lemes untuk orang lain. Sedangkan bahasa loma nya adalah cageur.

Dalam bentuk ucapan jamak-nya merupakan “kumaha daramang?” diucapkan untuk menyapa banyak orang sekaligus.

Jawaban "Kumaha damang?”

Jawaban "Kumaha damang?” adalah: hibar, artinya: berkah atau bisa juga dengan jawaban Pangesto dan pangestu.

Tetapi jawaban kata Pangesto dan pangestu ditujukan untuk diri sendiri bukan untuk orang banyak.

Contohnya. Sebagai berikut:

Kabayan: “Kumaha damang?”
Ujang: “Pangesto. Samulihna, kumaha engkang damang?

Baca juga: Arti Pribahasa Sunda Jauh Ka Bedug Anggang Ka Dulag dan Contoh Kalimat

Untuk muslim, lebih baik jika ditambah dengan ucapan Alhamdulillah sebagai tanda syukur kepada Allah yang telah melimpahkan nikmat Nya.

Terkadang ada juga yang menjawab dengan kata sae, contohnya “Alhamdulillah, sae”. Artinya Alhamdulillah, bagus. Ini juga bisa digunakan untuk menjawab kecap "Kumaha damang?.

Pertanyaan Kumaha damang bukan sekedar basa-basi, tapi sebagai tanda empati, rasa hormat, sekaligus doa. Itulah mengapa penting sebagai sapaan bahasa Sunda yang sopan.

"Kumaha cageur" jawabannya adalah:

"Kumaha cageur" ? diucapkan untuk menyapa teman yang akrab (loma). Bentuk jamaknya adalah kumaha calager?. Jawabannya bisa, Alhamdulillah cager, cageur, atau pangesto.

Demikian Arti Kumaha Damang dan Jawabannya dalam Kamus Bahasa Sunda semoga dapat bermanfaat dam terimakasih.