Arti Kecap Sauyunan dan Pahiri-hiri dalam Kamus Bahasa Sunda - Kmpublisher.my.id

Arti Kecap Sauyunan dan Pahiri-hiri dalam Kamus Bahasa Sunda

Arti Kecap Sauyunan dan Pahiri-hiri dalam Kamus Bahasa Sunda

Kecap Sauyunan dan Pahiri-hiri dalam Kamus Bahasa Sunda.

Kecap / Kata bahasa Sunda "Sauyunan" artinya adalah satu Dugaan, satu aliran atau satu paham dalam artian saling merangkul satu sama lain dan saling mendukung.

Sedangkan Kata "Pahiri-hiri" artinya yakni saling iri, atau saling membiarkan satu sama lain (cuek).

Sauyunan dan pahiri-hiri adalah kecap yang ada dalam suatu lagu Sunda yang dikenal di masyarakat Sunda, yaitu lagu yang berjudul "Manuk Dadali".

Kedua kecap Tercantum dalam lagu Manuk Dadali Berada Di kalimat "Hirup sauyunan tara pahiri-hiri" yang artinya Kira-Kira "Hidup satu Sangkaan atau rukun tanpa ada saling iri".

Pengarang lagu Sunda Manuk Dadali Tertera yaitu seseorang penyiar RRI dan TVRI yang ideal dikenal pada masanya, yakni Sambas Mangundikarta.

Manuk Dadali artinya Sama dengan burung Garuda. Manuk Dadali merupakan lagu Sunda yang menggambarkan keperkasaan manuk Dadali atau burung Garuda yang adalah lambang negara.

Lagu Manuk Dadali yang bertemakan nasionalisme, sampai sekarang sangat ternama di daerah Jawa Barat dan sering di putar di sekolahan.

Baca juga: 40 Kata Kata Sunda Silih Elingan dalam Kahirupan dan Artinya

Pada dasarnya setiap manusia haruslah saling menjaga dan menghormati satu sama lain dan harus memiliki sifat toleransi antara sesama manusia.

Demikian adalah Arti Kecap Sauyunan dan Pahiri-hiri dalam Kamus Bahasa Sunda, dan mungkin masih ada artian lain dari kecap tersebut ini berdasarkan kamus bahasa sunda, semoga dapat bermanfaat terimakasih.