4 Tempat Wisata Laut Eksotis yang Bisa Kamu Temukan di Pulau Jawa - Kmpublisher.my.id

4 Tempat Wisata Laut Eksotis yang Bisa Kamu Temukan di Pulau Jawa

4 Tempat Wisata Laut Eksotis yang Bisa Kamu Temukan di Pulau Jawa
Sumber: Instagram @ tyka_wijayanti

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan wisata dan pesona alamnya yang sangat indah. Apalagi mengenai wisata laut, pantai yang bikin takjub, kita semua sepakat bahwa Indonesia bagian timur seperti Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur hingga Papua adalah juaranya.

Tetapi ternyata gak kalah dari Indonesia bagian timur, di Pulau Jawa juga memiliki wisata laut yang eksotis. Bagi kamu yang tinggal di Pulau Jawa, ini merupakan alternatif wisata yang menarik dan hemat bujet karena tidak perlu jauh-jauh. Penasaran di mana saja tempat wisatanya?

1. Kepulauan Seribu (DKI Jakarta)

Jakarta gak hanya terkenal sebagai ibu kota negara dan kota metropolitan yang terkenal dengan polusi dan kemacetan, namun ternyata juga punya tempat healing berupa wisata laut yang menawan.

Sekitar 45 km di sebelah utara kota, kamu bisa mengunjungi Kepulauan Seribu yang memiliki beberapa pulau yang jadi favorit untuk dikunjungi para wisatawan, seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Semak Daun, Pulau Bira, Pulau Harapan, dan Pulau Pari.

2. Gili Labak (Sumenep, Madura, Jawa Timur)

Meskipun namanya mirip dengan pulau-pulau di NTT dan NTB, namun Gili Labak ternyata terletak di Pulau Madura, yaitu Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Untuk menuju ke Gili Labak diperlukan waktu 2 jam menyebrang dari Sumenep dengan menyeberang perahu. Meskipun tak begitu besar, namun lautan yang mengelilinginya sangatlah indah.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Di Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya

Kamu akan disambut dengan pesona bawah laut dan lanskap perairan yang menawan. Lautnya yang biru dan jernih serta hamparan pasir putih pantai bikin terpukau siapa saja yang datang.

3. Pulau Bawean (Gresik, Jawa Timur)

Selain Gili Labak, di Jawa Timur juga ada Pulau Bawean yang memiliki pesona laut yang gak kalah indahnya. Pulau ini terletak sekitar 120 km dari utara kota Gresik.

Pemandangan alam terutama lautannya sangat indah, bisa membuatmu betah berlama-lama di sana. Di sekitar Pulau Bawean terdapat Pulau Gili dan Pulau Noko Selayar yang sama-sama indahnya. Selain pesona lautnya, di Pulau Bawean juga terdapat hewan khas yaitu Rusa Bawean.

4. Karimunjawa (Jepara, Jawa Tengah)

Bukan, bukan, ini bukan tipe mobil yang mungil itu, tapi Karimunjawa merupakan salah satu gugusan kepulauan yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Terletak di 83 km dari utara kota Jepara, pulau Karimunjawa tersohor akan keindahan lautnya, bahkan kamu akan sering menemukan pelancong dari luar negeri juga di sana.

Baca juga: Taman Langit Pangalengan Tiket Masuk dan Rute 2022

Kamu bisa mengunjungi Pantai Ujung Gelam, Pantai Barakuda, Pulau Cilik, Pulau Menjangan Besar, dan masih banyak lagi. Aktivitas yang bisa kamu lakukan mulai dari diving, snorkeling, camping, hingga melihat penangkaran hiu.

Pesona alam tanah air kita memang bikin kagum dan telah diakui dunia, terutama wisata lautnya.

Bagi kamu yang tinggal di Pulau Jawa dan belum sempat menikmati indahnya pesona laut Indonesia bagian timur, 4 Tempat wisata laut di atas bisa menjadi alternatif wisata yang bisa kamu coba. Siap berangkat?