17 Kata Kata Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya dapat mengingatkan seseorang - Kmpublisher.my.id

17 Kata Kata Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya dapat mengingatkan seseorang

17 Kata Kata Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya dapat mengingatkan seseorang


Kata kata sindiran dikatakan ketika merasa kecewa kepada teman, saling Sindir menyindir yang didasari oleh kebencian itu memang tidaklah baik apalagi yang didasari oleh kata kata yang kasar.

Namun ketika anda ingin menyadarkan teman anda dengan sindiran kata kata halus dan lucu tentu itu alternatif terbaik agar teman anda sadar akan kesalahannya.

Agar teman anda tidak melakukan kesalahannya kembali berikut 17 kata kata sindiran bahasa sunda buat teman beserta artinya, yang bisa digunakan sebagai kebaikan. Contohnya mengingatkan teman dekat, murid keluarga, atau saudara.

Baca juga: 16 Kata Kata Pepeling Sunda Bikin Merinding Dan Artinya

1. Di luhur langit masih keneh aya langit.
Diatas langit masih ada langit.

2. Ulah sok nyalahken ka batur, coba memeh nyalahken teh riksaken hela jeng pikir hela ku diri sorangan.
Jangan selalu menyalahkan orang lain, sebelum menyalahkan orang lain periksa terlebih dahulu dan pikirkan terdahulu oleh dirimu sendiri.

3. Sing saha anu nempatkeun dirina dina tempat anu curiga, ulah nyalahkeun batur anu curiga ka manehna. - Ali bin Abi Thalib
Barangsiapa menempatkan dirinya di tempat-tempat yang mencurigakan janganlah ia menyalahkan orang lain yang berburuk sangka kepadanya.

4. Pernah nyalahkeun jalma séjén dina hirup anjeun. jalma alus nyieun anjeun senang. Jalma jahat ngajadikeun anjeun diajar. Jalma anu pangsaéna ngajantenkeun anjeun émut. - Ziad K. Abdelnour
Jangan pernah menyalahkan orang lain dalam kehidupanmu. Orang baik membuatmu bahagia. Orang jahat membuatmu belajar. Orang yang terbaik membuatmu mengingatnya.

5. Urang mah mahluk anu resep nyalahkeun ti luar, teu sadar masalah biasana ti jero. - Abu Hamid Al Ghazali
Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam.

6. Sanajan urang cicingeun, sok aya nu nyalahkeun ka tiiseun urang. Teras urang bakal tetep cicingeun? jempé atawa sora? Sagalana geus balik ka pilihan. - Rohmatikal Maskur
Bahkan jika pun kita diam, akan selalu ada orang yang menyalahkan ke-diaman kita. Lalu masihkah kita akan tetap diam? diam atau bersuara? Semuanya kembali menjadi pilihan.

7. Lima detik ngahaja neuteup eta panon deui. Narik kuring kana liliwatan waktu kaliwat. Pertama kali rétina urang papanggih. Tong nyalahkeun manéh. - Prilly Latuconsina
Lima detik tak sengaja menatap mata itu lagi. Menarikku pada lorong waktu masa lalu. Saat pertama retina kita saling bertemu. Tak menyalahkan kamu sama sekali.

8. Jalma-jalma kudu eureun nyalahkeun masalah-masalahna dina lingkunganana sareng diajar deui ngalaksanakeun kahayangna. - Albert Einstein
Orang harus berhenti menyalahkan masalah-masalahnya pada lingkungannya dan belajar kembali untuk melatih kehendaknya.

9. Teu kudu silih salahkeun. Ogé henteu kedah terang saha anu lepat. Kusabab sabenerna, dina hubungan romantis, béda pendapat anu normal.
Kita tidak perlu saling menyalahkan. Juga tidak usah mencari siapa yang salah. Karena sejatinya, dalam hubungan asmara, berbeda pendapat adalah hal yang wajar.

10. Eureun nyalahkeun masa lalu, cobaan nampi sareng ngartos yén éta ngan ukur ngajantenkeun anjeun langkung kuat sareng dewasa. - Nazril Irham
Berhenti menyalahkan masa lalu, cobalah untuk menerimanya dan memahami bahwa itu hanya buatmu lebih kuat dan dewasa.

11. Malaikat teu pernah salah, Iblis teu pernah bener. Manusa bisa salah jeung bener, jadi urang didorong pikeun silih ngingetkeun tinimbang nyalahkeun. - Ahmad Mustafa Bisri
Malaikat tidak pernah salah, setan tidak pernah benar. Manusia bisa salah dan benar, maka kita dianjurkan saling mengingatkan bukan menyalahkan.

12. Lamun nyilakakeun rusiahna ka angin, ulah nyalahkeun angin anu nyilakakeun kana tatangkalan. - Khalil Gibran
Jika Anda mengungkapkan rahasia Anda kepada angin, Anda seharusnya tidak menyalahkan angin karena mengungkapkannya ke pepohonan.

13. Kasenangan nyalahkeun mangrupikeun kasenangan anu goréng, sedengkeun kakaguman sapertos kasucian. - Alexandre Vinet
Kesenangan untuk menyalahkan adalah kesenangan yang buruk, sedangkan mengagumi sama meriahnya seperti kemurnian.

14. Nyalahkeun batur bakal masihan anjeun kameunangan samentawis, tapi tanggung jawab bakal masihan anjeun kameunangan anu langgeng.
Menyalahkan orang lain akan memberikan Anda kemenangan sementara, tetapi berani bertanggung jawab akan memberikan Anda kemenangan yang kekal. - Bong Chandra

15. Masing-masing tanggung jawab kana pilihanna sorangan. Jalma anu nyalahkeun pilihan batur ngan ukur pengecut anu ngan ukur tiasa lumpat tina tanggung jawab. - Lexie Xu
Setiap orang bertanggung jawab atas pilihannya sendiri. Orang yang menyalahkan orang lain atas pilihannya hanyalah pengecut yang hanya bisa lari dari tanggung jawab.

16. Anu sering kajadian nyaéta urang nyalahkeun batur kana parasaan urang sorangan. - Andre Gide
Yang paling sering terjadi adalah kita menyalahkan orang lain atas perasaan kita sendiri.

17. Jadi lamun bebeneran datang, éta kawas embun di panonpoé. Kawas lebu disiram cai. Lenyap sagala harepan palsu. Ninggalkeun kasedih. lepat saha? Rék nyalahkeun batur? - Tere Liye
Maka saat kebenaran itu datang, ia bagai embun yang terkena cahaya matahari. Bagai debu yang disiram air. Musnah sudah semua harapan-harapan palsu itu. Menyisakan kesedihan. Salah siapa? Mau menyalahkan orang lain?.

Baca juga: 25 Kata Kata Pepatah Sunda Kolot Baheula dan Artinya

Demikian 17 kata kata sindiran bahasa sunda buat teman beserta artinya, yang bisa digunakan sebagai kebaikan. Contohnya mengingatkan teman dekat, murid keluarga, atau saudara, semoga dapat bermanfaat terimakasih.