12 Cara Self Healing Terbaik untuk Menyembuhkan Luka Batin - Kmpublisher.my.id

12 Cara Self Healing Terbaik untuk Menyembuhkan Luka Batin

 12 Cara Mengatasi Self Healing Terbaik untuk Menyembuhkan Luka Batin


Setiap orang pasti pernah mengalami suatu kondisi yang buruk, sehingga mengganggu terhadap psikologis mental nya sendiri, ada beberapa cara melakukan self healing terbaik dan bisa diterapkan oleh anda, tapi sebelum mengetahui cara terbaik melakukan self healing, lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu arti self healing.

Apa itu self healing


Self Healing adalah proses penyembuhan diri dari luka batin di masa lalu. Seperti gangguan psikologis, trauma, pengalaman buruk atau kejadian lainnya yang memberikan dampak buruk pada kondisi emosional kita.

Saat ini Self healing sering jadi pembicaraan umum, terutama ketika awareness tentang kesehatan mental semakin meningkat. Sehingga Banyak orang menyadari, self healing ini begitu penting untuk menghilangkan semua beban pikiran agar bisa move on dan terus melanjutkan hidup.

Tujuan self healing

Menurut ilmu psikologi, self healing merupakan proses penyembuhan yang hanya melibatkan diri sendiri untuk bangkit dari penderitaan yang pernah di alami dan memulihkan diri dari luka batin.

Tujuannya adalah memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi.

Self healing tidak hanya menyembuhkan pikiran dan jiwa tetapi juga tubuh kita. Terutama, kondisi kesehatan mental atau emosional yang buruk, juga bisa berpengaruh pada fisik kita.

Harus kita ketahui bahwa kesehatan emosional dan fisik (stres atau kecemasan) sering berjalan bersamaan dan saling berkaitan, sehingga kondisi ini dapat memicu pada penyakit fisik lainnya.

Cara Melakukan Self Healing Terbaik

Berikut cara melakukan self healing terbaik untuk membantu menyembuhkan diri dari luka batin di masa lalu atau gangguan psikologis, trauma, pengalaman buruk atau kejadian lainnya yang memberikan dampak buruk pada kondisi emosional kita. Seperti yang dikutip dari katadata.co.id.

1. Melakukan Kegiatan Positif
Anda bisa memanfaatkan waktu luang anda ketika sendirian seperti melakukan kegiatan Positif yang disukai oleh anda (hobi), banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi self healing contohnya seperti; membaca buku, bersepeda, mendengarkan musik atau berkebun, karena kegiatan positif ini bisa membantu seseorang untuk lebih bahagia dan merasa rileks.

2. Meditasi
Anda bisa menenangkan diri sendiri dengan cara meditasi, anda bisa melakukan nya dengan suasana yang santai dan tenang, cobalah untuk meletakkan kaki anda di tanah, ambil napas dalam dalam, dan keluarkan.

3. Self Compassion
Self Compassion, memahami keadaan emosi atas penderitaan yang dialami. Cara ini berguna untuk memahami diri sendiri, seperti meningkatkan kepedulian, merespon peristiwa buruk, dan berusaha melepaskan diri dari masa lalu.

4. Berdamai dengan keadaan
Peristiwa buruk bisa membekas di benak seseorang. Anda berhak marah dan terluka karena kejadian itu. Cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri dan mencoba berdamai dengan situasi. Menerima setiap situasi yang terjadi menjadi pelajaran.

5. Penyesalan sebagai kekuatan
Jadikan Penyesalan sebagai kekuatan, berusahalah untuk mengabaikan pikiran negatif dan lakukan sesuatu yang positif, hilangkan pikiran yang membuat anda menyesal, jika anda memiliki kesalahan, dan pengalaman yang memalukan di masa lalu sehingga membuat anda merasa tidak nyaman, lebih baik untuk mengabadikan dan mengubahnya menjadi suatu kekuatan.

6. Me Time
Me Time adalah: waktu untuk diri sendiri, cobalah untuk Meluangkan waktu sendirian tanpa memikirkan orang lain.

7. Masa lalu hadir untuk dimaknai
Cara self healing ini bisa anda manfaatkan untuk mengubah masalalu menjadi pengalaman yang berharga, sehingga anda bisa mengambil sisi positif untuk penyembuhan, tujuannya sebagai pembelajaran di masa depan.

8. Berbicara dengan diri sendiri
Anda bisa menggunakan waktu anda untuk berbicara dengan diri anda sendiri. Cobalah untuk menyadari pengalaman buruk yang terjadi dan jujur pada diri anda sendiri, Cara self healing ini berguna untuk melampiaskan perasan buruk terhadap sesuatu. Dan ketika anda mulai memahaminya akan muncul perasaan syukur atas kehidupan yang diberikan.

9. Menulis ekspresif
Menulis ekspresif merupakan cara penyembuhan luka di masalalu untuk menjelaskan segala perasaan yang dialami. Gunakan waktu anda untuk Menulis ekspresif, tidak usah memikirkan tanda baca atau kutipan nya, anda hanya tinggal menuliskan semua kejadian yang pernah anda alami dimasalalu.

10. Mindfulness
Cara ini membantu anda dalam mengelola pikiran, perasaan, dan lingkungan yang ada dalam pikiran.

11. Berlatih Pernapasan
Cara self healing berikut nya berlatih pernapasan, cobalah untuk menenangkan diri anda sendiri, tarik napas yang dalam, dengan hitungan beberapa detik, lalu buang, cara ini bisa anda ulangi sampai hati anda merasa tenang dan nyaman. Karena dengan berlatih pernapasan, bisa menenangkan pikiran dan emosi.

12. Memaafkan diri sendiri
Terkadang tidak semua orang bisa memaafkan diri sendiri yang disebabkan oleh masa lalu. Bahkan tidak mudah bagi seseorang untuk melupakan peristiwa masa lalu yang menyakitkan. Butuh waktu yang lama untuk menerima dan memaafkan keadaan diri sendiri. Memaafkan diri sendiri adalah cara terbaik untuk menyembuhkan diri sendiri.


Jika anda memiliki pengalaman yang buruk sehingga mengganggu terhadap psikologis mental anda, lebih baik untuk membicarakan nya kepada orang terdekat yang anda percaya, atau bantuan ahli, agar penyembuhan psikologis mental anda berjalan dengan lancar.