13 Tempat Wisata di Palangkaraya & sekitarnya terbaru dan Ngehits - Kmpublisher.my.id

13 Tempat Wisata di Palangkaraya & sekitarnya terbaru dan Ngehits

Dilansir dari wekipedia: Kota Palangka Raya merupakan, kota sekaligus ibu kota dari Provinsi Kalimantan Tengah, Yang memiliki luas wilayah nyah (2.853,12 km) pada tahun 2020 tercatat kota ini memiliki penduduk sekitar 266,020 jiwa, Untuk kepadatannya sendiri, Kota Palangka Raya rata-rata 93,24 jiwa (km) Kota ini terdiri atas 5 kecamatan, yaitu" Pahandut, Jekan Raya, Bukit Batu, Sabangau, dan Rakumpit. Yang asalnya hanya memiliki 2 kecamatan saja, Pahandut dan Bukit Batu.

Tempat Wisata di Palangkaraya & sekitarnya terbaru dan Ngehits

Tempat Wisata di Palangkaraya & sekitarnya

Nah jika anda tertarik ingin berlibur langsung ke kota Palangka Raya Kalimantan Tengah, berikut ini tempat-tempat, yang cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga, yuk kita simak, dimana saja tempat Wisata Palangka Raya Kalimantan Tengah ini.

1. Taman Wisata Kumkum

13 Tempat Wisata di Palangkaraya & sekitarnya terbaru dan Ngehits

Jika anda berkunjung ke kota palangkaraya tak ayal rasanya jika tidak mengunjungi taman wisata yang satu ini, di taman ini pengunjung akan dimanjakan bak berada, di sebuah kebun binatang, ada banyak sekali aneka, berbagai jenis satwa yang khas, dan ada di pulau borneo, jumlah nya sendiri tidak terlalu banyak, Tetapi sudah cukup menghibur, dan dapat menghilangkan stress memanjakan pikiran dengan suasana alam yang begitu indah.

2. Air Terjun Batu Mahasur

Air Terjun Batu Mahasur

Kota palangkaraya memang memiliki segudang tempat wisata yang menarik, dan salah satunya adalah; Air Terjun Batu Mahasur, yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi, dengan gemericik suara air, pepohonan yang hijau juga segar, dapat menghilangkan rasa lelah yang mungkin perjalanan jauh, Air Terjun Batu Mahasur dipercayai oleh warga sekitar dapat menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh.

3. Masjid Raya Darussalam

Masjid Raya Darussalam

Nah bagi anda yang suka berwisata religi dan melihat arsitektur yang indah, Masjid Raya Darussalam bisa menjadi pilihan yang tepat, karena selain melaksanakan ibadah, mendekatkan diri kepada Allah SWT, anda juga dapat melihat-melihat arsitektur yang indah, dan semakin kagum dengan kebesaran Allah SWT.

4. Situs Batu Banama

Situs Batu Banama

Mengunjungi kota Palangkaraya, tak lengkap jika tidak berkunjung ke Situs Batu Banama. Disini wisatawan akan dimanjakan oleh berbagai macam bebatuan yang berjajar, bebatuan tersebut begitu indah, dan megah, tidak hanya itu saja, jernih nya air yang berasal dari, sumber mata air menambah keindahan Situs Batu Banama, dan sangat cocok untuk anda yang ingin refleksi, menghilangkan stress.

5. Taman Nasional Bukit Raya

Bagi anda yang sedang berkunjung ke kota palangkaraya, jangan lupa menyempatkan diri datang ke Taman Nasional Bukit Raya, lokasinya sendiri berada di perbatasan di antara provinsi Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah, jika anda berkunjung ke Taman Nasional Bukit Raya anda akan di suguhkan dengan panorama alam yang begitu indah, tidak hanya itu saja, tempat wisata ini, memiliki hewan endemik yang dilindungi.

6. Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau merupakan tempat wisata yang terletak di Desa Bangkirai, kec Sebangau, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, di tempat wisata ini anda akan disuguhi dengan keindahan alam nya masih alami dan segar, Taman Nasional Sebangau juga memiliki 808 jenis flora, 182 berbagai jenis burung, dan 54 spesies ular. Tempat ini merupakan rumah bagi, hewan mamalia yang dilindungi seperti Orang Utan, Owa Bekantan, , Beruang Madu, dll.

7. Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Jika berwisata ke Danau Tahai jangan lupa menyempatkan diri datang ke tempat wisata ini, karena tempat ini tidak jauh dari Danau Tahai, ditempat ini anda bisa berinteraksi langsung dengan orang utan, dan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah juga sejuk.

8. Jembatan Kayahan

Jembatan Kayahan adalah jembatan yang melintasi Sungai Kahayan dan memiliki panjang 640 meter, nah jika anda berkunjung ke kota palangkaraya jangan lupa untuk mengunjungi Jembatan Kayahan ini, disini anda bisa berfoto ria, atau hanya menikmati pemandangan sunset nya yang indah, saat matahari terbenam pada sore hari.

9. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling merupakan tempat wisata yang terletak, di Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, tempat wisata ini memiliki ketinggian 500 meter, Juga terdapat biara pertapaan (Bukit Doa) yang Kermat dan Pura Kaharingan, Pura Sali Paseban.

10. Rumah Adat Dayak Pasir Panjang

Selanjutnya adalah Rumah Adat Dayak Pasir Panjang, Terletak di Desa Pasir Panjang, Pangkalan Bun, tempat ini memiliki Rumah Adat yang khas masyarakat Dayak di Pasir Panjang, anda juga dapat melihat, Replika dari rumah adat Betang, yang sering dijadikan sebagai pusat upacara adat, acara kesenian dan pertunjukkan adat lainnya.

11. Museum Balanga

Jika anda berkunjung ke kota palangkaraya jangan lewat untuk berkunjung ke Museum Balanga, ada banyak sekali destinasi wisata disini, seperti replika rumah adat, senjata tradisional, baju-baju tradisional, dan lain lain.

12. Danau Tahai

Danau Tahai merupakan tujuan destinasi wisata di kota palangkaraya berikutnya, Danau Tahai terletak di Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangka Raya,Provinsi Kalimantan Tengah. Tempat ini memiliki tanah organik yang tinggi, dan memiliki air yang berwarna kemerah-merahan, Tempat ini juga terdapat Rumah Lanting (rumah terapung diatas danau), yang semakin menambah kaidah tempat ini.

13. Taman Nasional Tanjung Puting

Yang terakhir adalah Taman Nasional Tanjung Puting, tempat ini Terletak di Teluk Pulai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Taman Nasional Tanjung Puting sudah ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO, banyak sekali penelitian disini, dan juga memiliki, panorama alamnya yang masih asli dan juga indah, dimana habitat satwa dan flora yang dilindungi.

Demikian daftar Tempat Wisata di Palangkaraya dan sekitarnya, mungkin masih banyak lagi tempat-tempat wisata di kota palangkaraya yang masih belum di explored, atau mungkin belum sempat mimin tulis, semoga dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari-cari tempat yang menarik untuk dikunjungi' cukup sekian dan terimakasih.