Kata Kata Penyemangat Dalam Mencari Ilmu Dalam Kehidupan Di Dunia - Kmpublisher.my.id

Kata Kata Penyemangat Dalam Mencari Ilmu Dalam Kehidupan Di Dunia

assalamualaikum warohmatullqhiwabarakatuh.
Kata Kata Penyemangat Dalam Mencari Ilmu Dalam Kehidupan Di Dunia
Kata motivasi Semangat Dalam Mencari Ilmu - Setiap manusia diwajibkan untuk mencari ilmu apalagi bagi setiap muslim. Bahkan Dalam alquran, Allah Subhanahu wa ta’ala telah menjanjikan kemuliaan bagi orang yang berilmu, yaitu akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.
Dan Allah akan meninggikan orang - orang yang beriman di antaramu dan orang - orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. (Q.S Al-Mujadilah: 11).
Dalam ayat yang lain, Allah juga menegaskan bahwa tidak sama antara orang yang berilmu dengan yang tidak berilmu (Q.S Az-Zumar: 9). Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga mewajibkan bagi setiap muslim untuk menuntut ilmu.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim (HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu , dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami'ish Shaghiir no. 3913).

Jika kita sudah mengetahuinya seharusnya ayat dan hadist tersebut bisa kita jadikan untuk memotivasi kita dalam menuntut ilmu, karena menuntut ilmu itu wajib dan banyak sekali pahalanya dalam menuntut ilmu. Berikut hadits tentang keutamaan menuntut ilmu. Untuk penambah motivasi kita dalam menuntut ilmu ada beberapa kata - kata motivasi dalam menuntut ilmu.

Berikut Kata Kata Semangat Dalam Mencari Ilmu Dalam Kehidupan Di Dunia terangkum dari berbagai sumber.

1. Dan di antara orang-orang dan makhluk yang bergerak serta ternak yang merumput memiliki berbagai warna yang serupa. Hanya mereka yang takut kepada Allah, dari hamba-hamba-Nya, yang memiliki pengetahuan. Sesungguhnya, Allah Maha Tinggi Pengampunan dan Pemaaf. (Al-Quran, 35:28)

2. Barangsiapa yang mengikuti jalan mencari ilmu, Allah akan membuat jalan Jannah mudah baginya. Malaikat menurunkan sayap mereka di atas pencari pengetahuan, senang dengan apa yang dia lakukan. Penduduk langit dan bumi dan bahkan ikan di lautan mencari pengampunan untuknya. Keunggulan orang terpelajar daripada penyembah yang saleh sama seperti bulan purnama dengan bintang-bintang lainnya (yaitu, dalam kecerahan). Yang terpelajar adalah pewaris para nabi yang mewariskan bukan dinar atau dirham, tetapi hanya yang memiliki pengetahuan; dan dia yang mendapatkannya, sebenarnya memperoleh porsi yang berlimpah. (Abu Dawud dan At-Tirmidzi, qt dalam Riyad al-Salihin Book 13, Hadits 13)

3. Manusia yang berakal adalah manusia yang suka menerima dan meminta nasihat. Umar bin Khattab

4. Pengetahuan tanpa tindakan adalah pemborosan dan tindakan tanpa pengetahuan adalah kebodohan. Imam Al-Ghazali

5. Wahai Anak adam! Berjalanlah di bumi dengan kaki Anda selama yang Anda inginkan, karena itu akan segera menjadi kuburan Anda. Anda tidak berhenti mengurangi rentang hidup Anda sejak Anda berasal dari rahim ibu Anda. Hasan al Basri

6. Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil. Buya Hamka

7. Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah tenang dan sabar. Umar bin Khattab

8. Ilmu bukanlah dengan banyaknya riwayat. Ilmu tidak lain adalah sebuah cahaya yang Allah tempatkan di dalam hati. Imam Malik

9. Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekedar hanya dihafal. Imam Syafi’i

10. Tuntutlah ilmu. Di saat kamu miskin, ia akan menjadi hartamu. Di saat kamu kaya, ia akan menjadi perhiasanmu. Luqman al-Hakim

11. Carilah ilmu selagi engkau masih hidup didunia ini, hidup kita dalam keseharian kita itu tidaklah luput dari ilmu.

12. Sekecil apapun itu ambil saja yang baiknya kelak kita akan membutuhkan itu.

13. Ilmu itu tergantung kita, kalau kita membawanya kedalam kebaikan tentu itu akan bermanfaat bagi kita begitupun sebaliknya.

14. Ditempat ini akan ada 1000 riyal untukmu jika engkau mampu menunggu beberapa saat. syaikh muhammad bin muhammad mukhtar syinkiti hafidzohullah

15. Berjihad lah dalam menuntut ilmu. Istri abdul somad.

Semoga bermanfaat assalamualaikum warohmatullqhiwabarakatuh.