Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti "Ngaji Diri Ngaji Rasa"

Arti "Ngaji Diri Ngaji Rasa"


Kata "Ngaji Diri Ngaji Rasa" adalah istilah kata Bahasa sunda yang merupakan kata untuk mengingatkan seseorang agar dia tidak berlebihan dalam mengatur segala urusan orang lain, seperti orang tersebut sok suci dan hanya dia yang merasa paling benar, padahal dia sendiri masih banyak kekurangannya dan banyak salahnya dari pada kita.

Baca juga: kata "Halig" bahasa sunda kasar dan artinya


Kata ini merupakan kata siloka sedikit tetapi memiliki arti yang menyentuh, jika ada orang yang selalu mengatur dan menasehati dengan berlebihan padahal kita tahu dia sendiri melakukan hal tersebut biasanya orang langsung mengucapkan kata "Ngaji Diri Ngaji Rasa".

Atau hanya untuk menasehati diri kita sendiri agar hidup kita tidak selalu berlebihan dalam segala hal, saling menasehati adalah hal yang paling baik tetapi jika itu berlebihan tentu itu menjadi buruk, karena yang paling ditakutkan datang nya rasa sombong terhadap diri kita sendiri.

Arti "Ngaji Diri" merupakan kita harus membaca pada diri kita, sebelum melakukan segala sesuatu apakah ilmu kita sudah cukup apakah hidup kita sudah sempurna, jadi pada intinya sebelum melakukan sesuatu dalam keseharian kita, harus sesuai dengan kadar kemampuan diri kita sendiri, contohnya motor satu tapi penumpang 10 orang maka apa yang terjadi pada motor itu begitupun kehidupan tentu itu harus seimbang dengan kadar kemampuan yang dimiliki.

Arti pada "Ngaji Rasa" merupakan merasakan apa yang ada pada diri kita, contoh kecil nya, sebelum mencari kesalahan orang lain lebih baik koreksi terlebih dahulu segala perbuatan diri kita, kesalahan kita apakah hidup kita sudah benar apakah hidup kita sudah sempurna, tentunya setiap manusia itu tidak ada sempurna dan kita masih banyak sekali kekurangan nya.

Kita boleh menasehati orang dan itu sangat dianjurkan oleh agama tetapi jika itu berlebihan tentu hal tersebut menjadi hal yang tidak baik untuk diri kita maupun orang lain.

"Ngaji Diri Ngaji Rasa" merupakan nasehat diri agar hidup kita disukai oleh banyak orang dan sebelum melakukan segala sesuatu kita selalu ingat kepada yang maha kuasa dan selalu berserah diri kepada ALLAH SWT.

Demikian Arti dari "Ngaji Diri Ngaji Rasa" semoga renungan ini dapat bermanfaat mohon maaf apabila masih banyak kekurangannya dan nantikan informasi-informasi menarik lainnya terimakasih.

Posting Komentar untuk "Arti "Ngaji Diri Ngaji Rasa""