Resep Lotek Salad Tradisional Khas Sunda Yang Memiliki Cita Rasa Lezat - Kmpublisher.my.id

Resep Lotek Salad Tradisional Khas Sunda Yang Memiliki Cita Rasa Lezat

Resep Lotek Salad Tradisional Khas Sunda Yang Memiliki Cita Rasa Lezat
Suku sunda merupakan salah satu suku yang mendiami provinsi Jawa Barat. Jawa Barat sendiri merupakan provinsi yang terletak di bagian barat pulau Jawa, kondisi geografisnya terdiri dari pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai.
Suku sunda juga memiliki ciri khas tersendiri. Baik dari segi adat, budaya, bahasa, tradisi, bahkan makanan. Mata pencaharian penduduk yang mayoritas sebagai petani atau pekebun, menjadikan nasi dan lalapan sebagai makanan pokok masyarakat Jawa Barat.
Salah satu makanan khas dari provinsi Jawa Barat adalah lotek. Semua orang sunda, pasti tau atau bahkan pernah mencicipi makanan satu ini.
Hampir sama dengan gado-gado, lotek juga berbahan dasar sayuran yang diberi campuran bumbu kacang. Bedanya, sayuran pada lotek dimasak terlebih dahulu. Sekilas, lotek lebih mirip dengan pecel.

Agar tidak keliru, berikut perbedaan lotek, gado-gado, karedok, dan pecel.
Lotek, merupakan makanan yang terbuat dari sayuran matang yang dicampur bumbu kacang. Hampir sama dengan pecel, bedanya lotek lebih menonjolkan aroma kecur. Lotek biasa dikonsumsi dengan kerupuk, nasi, atau kupat (lontong).
Gado-gado, hampir sama dengan lotek. Hanya saja, campuran pada gado-gado lebih beragam. Seperti kentang, daun kemangi, dan telur rebus.
Karedok, makanan khas suku sunda yang terbuat dari sayuran mentah yang dicampur bumbu kacang. Mirip dengan lotek, bedanya sayuran yang digunakan tidak dimasak terlebih dahulu.
Pecel, kuliner khas Madiun, Jawa Timur. Terbuat dari sayuran matang yang diberi bumbu kacang. Ciri kjas dari pecel adalah aroma daun jeruk yang mendominasi.
Pecel biasa disajikan dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang.
Lotek sendiri cukup populer di daerah Jawa Barat, rasanya yang lezat mudah diterima di masyarakat. Karena itu, saat anda berkunjung ke Jawa Barat, pasti mudah sekali untuk menjumpai pedagang lotek.
Cara membuat lotek cukup sederhana, bahan yang digunakan juga termasuk simple dan pastinya tersedia di lemari pendingin anda. Untuk anda yang penasaran, berikut saya bagikan

Resep Membuat Lotek.

Bahan Lotek :

- Bayam 1 ikat
- Kacang Panjang 100 gram
- Kangkung 1 ikat
- Kol 100 gram
- Tauge 100 gram
- Labu Siam 100 gram

Bahan Bumbu :

- Cabai Rawit 3 buah (sesuai selera)
- Terasi 1/2 sdt
- Kacang Tanah goreng 100 gram
- Garam dan Gula Merah 1 sdt
- Bawang Putih 1 siung
- Kencur 3 cm
- Air Asam Jawa 1 sdm
- Air matang secukupnya

Cara Membuat :

Bersihkan semua sayuran. Potong sayuran seperti labu, kol, kacang panjang, dan bahan lain. Petik juga kangkung dan bayam. Lalu, rebus hingga setengah matang atau sesuai selera. Angkat, dan tiriskan.
Selanjutnya, haluskan kencur, bawang putih dan garam. Lalu masukan kacang tanah yang telah digoreng beserta gula merah. Uleg hingga halus.
Langkah ketiga, masukan air perasan asam jawa, dan aduk kembali hingga halus dan memiliki tekstur yang sesuai. Jika dirasa terlalu kental, bisa tambahkan air matang.
Anda juga bisa menambahkan perasan air jeruk untuk memberi rasa segar.
Terakhir, masukan sayur yang telah direbus pada bumbu yang anda buat. Aduk, dan campur hingga merata.
Lotek siap disajikan.
Lotek sangat cocok disantap saat sarapan, maupun sebagai hidangan makan siang. Biasanya, lotek dimakan bersama dengan kerupuk atau gorengan.
Rasa sayuran yang empuk tapi masih segar, dicampur dengan rasa gurih dari bumbu kacang membuat siapa saja tidak bisa menolak makanan satu ini.